Multiplikasi
Multiplikasi.Com

PENAMPILAN PALSU

0

PENAMPILAN PALSU

Bacaan Matius 23 : 25 – 28

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan. (Matius 23 : 25)

Masalah terbesar yang dihadapi oleh penegak keadilan saat ini adalah banyaknya orang yang berpenampilan hebat, rapi, intelek, namun melakukan hal-hal yang melawan hukum. Baru-baru ini kita dikejutkan oleh seorang yang berpenampilan low profile menjadi karyawan teladan sejak masa mudanya, namun saat pensiun hanya kurang 1 bulan lagi, tokoh ini ketahuan melakukan korupsi besar di salah satu kementerian. Di ruang tidurnya ditemukan hampir 20 milyar rupiah dana korupsi yang menjadi miliknya. Dalam tayangan beberapa televisi swasta, orang ini mengatakan bahwa dia khilaf.

Dalam bacaan kita hari ini, Tuhan Yesus mengecam para ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang juga kebanyakan melakukan hal yang sama. Berpenampilan terhormat, menguasai Taurat dengan baik, suka berdoa di tempat umum, kelihatan berpenampilan rohani, dan masih banyak yang lain. Namun sayang, semua itu hanya penampilan belaka, penampilannya palsu. Realita kehidupannya dipenuhi dengan dosa yang sering dilakukan walaupun tidak kelihatan, karena memang disembunyikan dengan cara yang sangat lihai.

Dalam kehidupan kita sebagai anak-anak Tuhan, hal yang sama juga sangat mudah terjadi. Berpenampilan baik, kelihatannya jujur, setia, suka memberi, dan masih banyak sikap lain, yang dapat dipakai sebagai topeng untuk mengelabui orang-orang disekitar kita. Tuhan Yesus sangat menghargai kejujuran yang murni, yang tidak menutupi kekurangan dan memakai topeng agar kelihatan baik. Dia lebih menghargai hati yang tulus daripada penampilan yang kudus, namun penuh dosa.

Inspirasi : Tuhan tahu kedalaman hatimu, motivasimu dan tujuanmu. Kita dapat menipu semua orang termasuk orang terdekat, namun tidak dapat membohongi Tuhan. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link