Multiplikasi
Multiplikasi.Com

PERAN ROH KUDUS

0

PERAN ROH KUDUS

Bacaan : Yohanes 14:26

 “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 12 : 26)

Untuk memahami bagaimana doa bekerja, kita harus mengerti bahwa Allah berbicara dengan 2 cara. Dia berbicara secara umum – Firman Tuhan untuk semua orang – dan itu disebut “logos.” Dia juga berbicara secara pribadi kepada individu melalui FirmanNya, dan itulah “rhema.” Itulah salah satu cara Allah menjawab doa kita.

Bagaimana Allah berbicara kepada kita secara pribadi? Firman Tuhan mengatakan bahwa tugas Roh Kuduslah untuk mengambil Alkitab dan menunjukkan kepada kita bagaimana hal itu berlaku bagi kita secara pribadi: “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14:26).

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran” (Yohanes 16: 13a).

Dalam 2 ayat ini, Yesus mengatakan bahwa Roh Kudus melakukan 3 hal dalam hidup kita: Dia mengajar kita, mengingatkan kita, dan menuntun kita. Dengan kata lain, Dia mengambil “logos” dan mengubahnya menjadi “rhema”. Ini disebut pencerahan, memperjelas tentang Firman Tuhan bagi kita anak-anak Nya, dan ini tugas Roh Kudus yang sangat penting dalam hidup kita.

Tidak ada yang mistis tentang apa yang saya gambarkan. Itu selalu terjadi setiap waktu. Itu terjadi pada kita! Pernahkah kita menghadiri kebaktian gereja di mana pendeta berbicara, dan tiba-tiba kita merasa dia berbicara langsung dengan kita? Kita bertanya-tanya, “Bagaimana orang itu tahu bahwa saya memiliki masalah ini? Bagaimana dia tahu itulah yang saya butuhkan saat ini?” semua itu bukan kebetulan, namun itulah tugas Roh Kudus dalam kehidupan kita.

Inspirasi: Tuhan mengambil satu kata umum untuk semua orang dan membuatnya secara khusus berlaku untuk kita. Dia memberi kita sebuah “rhema.” (RW)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link