Renungan

SALING MENDUKUNG

506views

Bacaan  : Keluaran 17 : 8 – 16

“ Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya supaya ia duduk diatasnya, Harun & Hur menopang kedua belah tangannya, seorang disisi yang satu, seorang disisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.” (Keluaran 17 : 12)

Dalam bacaan hari ini kita diajak untuk melihat betapa pentingnya saling mendukung di dalam menghadapi sebuah masalah. Masalah yang dihadapi oleh tentara Israel adalah ketika tangan Musa terangkat mereka menang dalam medan peperangan, tetapi ketika tangan Musa kelelahan lalu mulai turun…. turun….. dan turun sampai ke bawah, maka prajurit Israel kalah melawan tentara Amalek.

Lalu terjadilah seperti apa kata ayat mas kita hari ini, Harun dan Hur mengambil sebuah batu untuk tempat duduk Musa, lalu Harun menopang tangan yang satu, sedangkan tangan yang lainnya ditopang oleh Hur, sehingga tangan Musa selalu berada di atas. Dan Alkitab mencatat pada akhirnya prajurit Israel dapat memenangkan peperangan itu.

Dalam penelitian yang lain tentang rombongan angsa yang berpindah untuk mencari tempat yang lebih hangat pada saat musim dingin melanda bagian utara bumi ini, maka rombongan angsa ini mengangkat seekor angsa untuk menjadi pemimpin mereka. Biasanya angsa jantan yang kuat. Dalam formasi terbang bersama itu, para angsa pengikut yang terbang di belakang pemimpinnya selalu berteriak bersama.

Ada dua hal yang  ingin dicapai dengan teriakan itu.
Pertama mereka memberikan semangat kepada angsa pemimpin yang terbang paling depan dalam formasi.
Kedua mereka dapat menjaga kesamaan kecepatan terbang, sehingga tidak terjadi saling mendahului yang kemudian merusak formasi V dalam penerbangan itu.

Jadi selain sinergi dalam efisiensi penerbangan ternyata juga ada saling menopang yang luar biasa di dalamnya. Yang dapat dilakukan oleh siapapun dalam kondisi penting menjalankan tugas.

Motivasi : Apa yang dapat saya lakukan untuk menopang pimpinan atau anggota tim/kelompok saya, sehingga masalah yang mereka hadapi dapat diselesaikan dengan baik, serta mencapai target dengan maksimal. (WS).

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response