Renungan

SELALU ADA

138views

SELALU ADA

2 Korintus 8:1-7

 “Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi orang benar memberi tanpa batas.”(Amsal 21:26)

Ketika akan berbelanja, saya biasa membuat daftar barang yang akan saya beli. Tetapi entah mengapa, saya hampir selalu pulang dengan membawa barang yang tidak termasuk dalam daftar! Sepertinya selalu ada barang yang sebenarnya tidak terlalu saya butuhkan saat itu, tetapi begitu melihatnya terpajang di toko, saya langsung menyimpulkan bahwa saya membutuhkan barang itu saat itu juga! Sebuah bukti dari kebenaran perkataan hikmat ini: keinginan bernafsu sepanjang hari. Adalah kecenderungan manusia berdosa untuk menginginkan lebih dan lebih lagi. Faktanya adalah meskipun kita sudah memiliki banyak hal, selalu ada hal yang bisa kita inginkan lagi.

Keinginan yang bernafsu sepanjang hari, dalam Amsal ini, dikontraskan  dengan perkataan hikmat bahwa orang benar memberi tanpa batas. Menarik untuk direnungkan bahwa bagi orang benar, selalu ada hal yang bisa ia berikan pada orang lain. Jadi frase “selalu ada” bisa kita letakkan pada baik menginginkan maupun memberikan: selalu ada hal yang bisa kita inginkan versus selalu ada hal yang bisa kita berikan. Manakah yang akan kita pilih?

Jemaat di Makedonia memilih yang terakhir. Paulus memberitahu kita melalui tulisan di 2 Korintus ini, bahwa mereka sangat miskin. Ketika biasanya orang miskin menjadi obyek pemberian, mereka justru menjadi sebaliknya. Ketika biasanya tidak ada yang bisa diharapkan untuk diberikan oleh orang miskin, mereka justru memberi dengan berlimpah, melampaui kemampuan mereka. Sebuah bukti kebenaran bahwa orang benar memberi tanpa batas. Bagaimana mereka bisa melakukannya?

Karena jemaat di Makedonia terhubung dengan Sumber yang tidak terbatas, mereka pun sanggup melakukan tindakan memberi yang luar biasa itu. Bukankah kita pun dalam posisi yang sama dengan mereka, sebagai anak-anak Allah Yang Mahakuasa, Sumber kehidupan?

Inspirasi: Karena kita terhubung dengan Sumber yang tidak terbatas, kita bisa memberi tanpa batas. Selalu ada yang bisa kita berikan pada orang lain. Buktikan! (RN)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response