Renungan

SELIDIKI HATIKU TUHAN

Selidiki hatiku
670views

Bacaan :  Mazmur 26

“Berilah keadilan kepadaku, ya TUHAN, sebab aku telah hidup dalam ketulusan; kepada TUHAN aku percaya dengan tidak ragu-ragu. Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.”          (Mazmur 26 : 1-2) 

Ada kemungkinan Daud menggoreskan Mazmur ini saat dia sedang dikejar-kejar oleh Saul dan para pengikutnya. Orang-orang ini menutup-nutupi murka mereka yang tidak adil dengan menggambarkan Daud sebagai seorang yang jahat. Mereka menuduhnya melakukan banyak kejahatan dan pelanggaran berat dan mencemarkan namanya supaya dapat menangkap dia. Di sini Daud merupakan pelambang bagi Kristus, yang dijadikan cela oleh manusia dan yang memberitahukan semua pengikut-Nya bahwa mereka pun nantinya akan menghadapi banyak sekali tuduhan palsu yang jahat. Kini lihatlah apa yang dilakukan Daud dalam perkara ini.

  1. Dia memohon keadilan Allah (ayat 1): “Berilah keadilan kepadaku, ya TUHAN!”Jadilah Hakim antara aku dan para penuduhku, antara si penganiaya dengan si tahanan yang malang ini. Bawalah aku keluar dari perkara ini dengan cara terhormat dan permalukanlah orang-orang yang telah mengajukan tuduhan palsu melawanku itu. Saul, yang merupakan raja di Israel, kini menjadi lawannya, sehingga dalam pertentangan melawan dia, Daud tidak bisa meminta pembelaan dari siapa pun kecuali dari Allah saja.
  2. Dia berserah kepada pengujian seksama dari Allah (ayat 2): Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku,” seperti emas yang diuji kelayakan kadarnya. Doanya ini mengartikan bahwa dia senang Allah sungguh mengenalnya, dan dia benar-benar ingin agar Allah membukakan siapa dirinya yang sebenarnya, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi seluruh dunia.

Inspirasi: Ketika sekitar kita berusaha untuk menarik kita jauh dari Tuhan dan menjatuhkan kita  dengan segala tipu muslihat dan kejahatan, bagaimana menangkalnya? Jangan andalkan kekuatanmu tapi segeralah datang pada Tuhan. Hanya Dia yang sanggup menolongmu seperti Dia menolong Daud. (DPL)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response