Renungan

SUMBER SUKACITA

133views

SUMBER SUKACITA 

Bacaan : Bilangan 11: 1-15

Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN: “Mengapa Kau perlakukan hamba-Mu ini dengan buruk dan mengapa aku tidak mendapat kasih karunia di mata-Mu, sehingga Engkau membebankan kepadaku tanggung jawab atas seluruh bangsa ini? (Bilangan 11 : 11)

Mereka yang sering kali berpindah  tempat tinggal, tempat kerja, tahu apa artinya menghadapi tantangan baru. Hidup itu penuh dengan perubahan. Dan kadang-kadang perubahan membuat kita tidak nyaman.

Bangsa Israel terus berjalan maju di padang gurun. Dan mereka dapat menghadapi berbagai perubahan yang terjadi, karena Allah yang diwakili oleh Tabernakel ada di tengah-tengah mereka.

Tetapi kemudian mereka tidak puas akan keadaan mereka. Mereka mulai mengeluh dan bersungut-sungut tentang ‘nasib buruk’ mereka: bisa jadi perjalanan jauh yang seperti tidak ada akhirnya, karena tidak pernah makan daging, ikan, dan apa yang pernah mereka nikmati di Mesir. Mereka bosan dengan manna.  Dan Musa pun bersungut-sungut kepada Tuhan (ay. 11-15).

Tetapi Allah memberikan respons yang berbeda kepada sungutan bangsa Israel dan Musa. Mengapa? Karena bangsa Israel saling bersungut-sungut satu terhadap yang lain, sehingga membuat lebih banyak orang lagi bersungut-sungut.  Tetapi  Musa membawa sungutan dan ‘unek-unek’nya ke hadapan Allah yang dapat mengatasi masalah apapun.

Ketidakpuasan muncul ketika kita fokus dari apa yang kita miliki pada apa yang tidak kita miliki. Allah telah melakukan hal-hal besar bagi bangsa Israel: membebaskan mereka dari Mesir, membuat mereka menjadi sebuah bangsa, menyertai mereka dengan tiang awan dan tiang api, tetapi mereka begitu terfokus pada apa yang tidak mereka miliki. Sebelum kita ‘menghakimi’ bangsa Israel dengan keras, mungkin kita perlu melihat diri kita sendiri.

Inspirasi:Apakah kita bersyukur untuk kesempatan dan apa yang kita miliki? Atau kita selalu berpikir untuk apa yang kita inginkan dan yang tidak kita miliki ? (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response