Renungan

SUPPORTING LIFE

81views

SUPPORTING LIFE

Bacaan : Ibrani 10:19-25

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.” (Ibrani 10 : 24)

 Kata “saling mendorong” hampir sama kedengarannya dengan kata “saling merongrong.” Atau kata “saling mendukung” hampir sama kedengarannya dengan kata “saling mengungkung” bukan?

Kedengarannya hampir sama namun sangat kontras artinya. Dalam kenyataan saling mendorong atau saling mendukung itu termasuk sesuatu yang sulit dilakukan. Ada berbagai alasan. Ada yang mengatakan, “Bagaimana mau mendorong orang lain sedangkan saya sendiri perlu didorong? Bagaimana saya mau mendorong dia sedangkan dia selalu merongrong saya.” Alasan lain lagi, “Bagaimana saya mendorong mereka jika mereka sendiri tidak peduli?” Seorang hamba Tuhan pernah menyoroti, bahwa sebelum menjadi orang Kristen banyak yang suka merongrong orang lain. Setelah  menjadi orang Kristen tambah banyak lagi yang suka merongrong. Mengherankan!

Paulus melihat dalam komunitas orang percaya ada saat-saatnya seseorang menjadi lemah baik secara fisik maupun mental/psikologis karena tekanan dan pergumulan, perlakuan yang tidak menyenangkan, serta tantangan dalam pelayanan (Ibrani 10:33-39). Jemaat Kristen mula-mula (Kisah Rasul 2:42-47), sebagai komunitas orang percaya selalu membangun kebersamaan dalam persekutuan, yang menghindarkan mereka dari kebimbangan dan kemunduran. Tetapi Iblis memang suka memecah belah, menghancurkan persatuan dan keutuhan keluarga anak-anak Tuhan. Apa yang terjadi kalau orang percaya saling merongrong?

Kita tidak dipanggil untuk melayani diri sendiri tetapi orang lain. Ingatlah, kita mungkin pernah kecewa, putus asa, tawar hati, bingung dan bimbang, namun ada orang yang dipakai Tuhan untuk menguatkan kita, bukan? Lalu setelah kita menjadi kuat ada lagi orang yang sedang menantikan dukungan kita.  Demikianlah seterusnya dan seharusnya selama kita masih ada di dalam dunia ini. Kita sangat membutuhkan dukungan dan dorongan satu sama lain (mutual support).

Inspirasi: Mendukung dan membangun orang lain adalah karakteristik setiap pribadi keluarga Allah. (BB)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

  1. [maxbutton id=”4″ ]
  2. [maxbutton id=”5″ ]
  3. [maxbutton id=”6″ ]

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut ini:

Facebook Comments

Leave a Response