Renungan

TANGGUNG GUGAT

350views

Bacaan 1 Samuel 12 : 1 – 7

  Jawab mereka: “Engkau tidak memeras kami dan engkau tidak memperlakukan kami dengan kekerasan dan engkau tidak menerima apa-apa dari tangan siapa pun.” (1 Samuel 12 :4)

Maraknya peristiwa tangkap tangan oleh KPK kepada banyak pimpinan dinegara ini, baik Anggota DPR, DPRD, Gubernur, Bupati sampai pimpinan-pimpinan lainnya. Membuat kita semakin melihat betapa bobroknya mental dan sikap hati para pemimpin-pemimpin ini. Bahkan yang sangat menyedihkan ketika mereka sudah memakai rompi orange KPK, ketika di sorot kamera TV berita masih dapat menebarkan senyum tanpa merasa malu dan bersalah.

Sikap buruk para pemimpin ini juga dapat merambat ke berbagai sektor dalam kehidupan masyarakat. Baru-baru ini kita dikejutkan juga dengan penangkapan para hamba Tuhan besar di negara sekitar kita karena kasus korupsi di dalam gereja. Sungguh sangat menyedihkan.

Dalam bacaan  hari ini, kita belajar sikap tanggung gugat Samuel dihadapan orang Israel. Dihadapan mereka semua, dia bertanya apakah ada yang dirugikan pada saat kepemimpinannya ? apakah ada korupsi, sogok atau hal-hal sejenisnya yang dilakukan saat kepemimpinannya ?

Samuel tidak hanya menantang bangsa Israel namun dia berkata dihadapan Tuhan. Luar biasa sikap ini… Jawaban seluruh bangsa Israel dihadapan Tuhan, “ Samuel bersih dan tidak ada korupsi ataupun keuntungan yang diambil dari mereka pada saat dia memimpin.”

Sikap dan tindakan seperti inilah yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin di berbagai tataran. Baik pemimpin rohani maupun sekuler, karena sejarah akan mencatat siapa orang yang benar dan siapa yang bebal.

Inspirasi : Integritas seseorang dan kepercayaan dari orang lain dalam melaksanakan tugas, dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yng kita lakukan. Apakah kita berani memiliki sikap tanggung gugat seperti Samuel. (WS)

Jika saudara melihat dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response