Renungan

TUHAN MENOPANG

63views

Bacaan : Kisah Para Rasul 17 : 28

“Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga.”

Tidak ada tempat dalam semua ciptaan yang luput dari kehadiran Allah. Tuhan bahkan hadir ketika Anda dan saya ditenun dalam rahim. Ia yang membentuk kita. Dia hadir dalam hidup kita, dan akan hadir saat kita kembali ke pangkuan-Nya.

Mari kita berpikir sejenak bahwa Tuhan menopang setiap kita masing-masing. Diperkirakan bahwa sebagai orang dewasa tubuh kita mengandung 60 triliun sel yang semuanya didesain untuk melakukan fungsinya masing-masing secara harmonis. Otak kita berisi 10 miliar sel saraf. Setiap sel saraf otak terhubung ke 10 ribu sel saraf lain di seluruh tubuh. Tubuh kita memiliki begitu banyak pembuluh darah yang panjangnya bila disambung-sambungkan bisa sepanjang dua setengah lingkar planet kita. Lidah kita memiliki sekitar 6 ribu selera. Hidung kita dapat mengenali hingga 10 ribu aroma yang berbeda.

Tuhan juga menyusun masing-masing diri kita dengan cetak biru DNA khusus, yang tersusun dalam setiap sel. Diperkirakan bahwa jika cetak biru pribadi kita yang ditulis dalam sebuah buku, itu akan membutuhkan 200 ribu halaman. Dan Tuhan tahu setiap kata pada setiap halaman itu.

Ada jutaan organisme hidup, dari virus sampai gajah, triliunan sistem, dari galaksi sampai berbagai ekosistem bumi. Semuanya bergerak. Terus bergerak tanpa memerlukan tune-up, turun mesin dan perbaikan. Semuanya memungkinkan bergerak pada porosnya masing-masing oleh karena Allah yang menopang alam semesta ini.

Bayangkan sejenak bila Tuhan tidak ada bagaimana menjawab tiga pertanyaan berikut ini: 1) dari mana alam semesta berasal? 2) Kemana tujuannya? 3) Ketika saya berbaring di ranjang, apa yang akan membuat saya lebih berharga dari bungkus permen karet yang dibuang? Ambillah waktu untuk bersyukur kepada Tuhan bahwa tidak saja Dia ada, tetapi la hadir di dalam ciptaan-Nya.

Inspirasi: Sebagaimana tertulis dalam Mazmur 139: 13-16, Karena Allah selalu hadir, Dia selalu bersama saya. (WB)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response