Multiplikasi
Multiplikasi.Com

CIRI-CIRI MURID YANG POTENSIAL

0

Ciri-ciri Murid yang Potensial

Lori Joiner

Sering kali banyak orang mengikuti Yesus, belajar dari-Nya, disembuhkan dan melihat banyak mujizat yang Ia lakukan. Ada saat-saat di mana kerumunan orang begitu banyak sehingga Ia naik ke atas perahu, menariknya agak ke tengah dan berbicara kepada banyak orang dari sana!

Dalam Markus 3:13-19, Yesus menghabiskan waktu dengan beberapa orang terpilih yang mengikuti Dia. Secara khusus, Ia memilih 12 orang dari antara banyak orang yang memiliki komitmen yang lebih dalam kepada-Nya dan Ia kepada mereka.

“Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injildan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.”   (Markus 3:13-19)

Apa yang Yesus cari? Apa ‘job description’ yang ada dalam pikiran-Nya ketika Ia memilih orang-orang ini yang nantinya akan menjadi orang-orang yang akan menjadi pemberita Injil di garis depan dan mengawali sejarah gereja.

Kita tidak dapat melihat pikiran Yesus, mengapa Ia memilih mereka satu demi satu. Tetapi kita dapat melihat daftar singkat dari beberapa ciri karakter   dari seseorang di mana kita dapat menginvestasikan waktu kita untuk memuridkan mereka. Daftar itu  merupakan akrostik dari S-T- A- R –T.

Spirit-filled (Dipenuhi Roh Kudus) – Ia adalah orang yang telah percaya kepada Kristus, dan menjadi diri mereka yang terbaik, dan menyerahkan kendali hidup mereka kepada Allah.

Teachable (Mau  diajar) – Bersedia diajar tentang hal-hal baru, terbuka dengan koreksi dan nasihat.

Available (Menyediakan Diri) –  Memiliki waktu untuk bertemu secara teratur dan mengambil  bagian di gereja dalam hal tertentu.

Reliable (Dapat diandalkan) – dapat melakukan apa yang didelegasikan kepada mereka, kata-katanya dapat dipegang/dipercaya, dan menjunjung tinggi komitmen.

Transferable (Dapat menyalurkan) – Bersedia melanjutkan apa yang diajarkan kepada orang lain suatu saat di masa yang akan datang.

Dengan mendoakannya, carilah ciri-ciri seperti di atas pada seseorang sebelum saudara mulai memuridkan. Berhati-hatilah untuk tidak terburu-buru berkomitmen untuk memuridkan hanya karena seseorang meminta atau karena ada orang yang paling membutuhkan di kelompok Pemahaman Alkitab saudara.

Berhenti, tunggu dan perhatikan mereka dengan seksama. Jika salah satu ciri dari hal-hal tersebut tidak ada, saudara akan frustrasi dalam kerja keras pemuridan yang saudara lakukan. Satu perkecualian adalah jika ia adalah orang percaya baru. Jika saudara menuntun seseorang pada iman kepada Kristus, sangatlah baik untuk bertemu dengan mereka dan menolong mereka dasar-dasar dari hubungan baru dengan Kristus, tidak peduli apakah mereka memiliki ciri-ciri seperti akronim   S- T –A- R- T seperti tersebut di atas.

Apa tugas seorang yang memuridkan, atau ‘si pembina’, dalam hubungan tersebut? Lihat kembali daftar di atas. Apakah hal-hal tersebut ada dalam diri saudara? Lihat kembali setiap kategori dan putuskan, apakah saudara cocok untuk tugas ini juga.

Seorang yang Spirit-filled (Dipenuhi Roh Kudus), Teachable (Mau diajar), Available (Menyediakan Diri) dan Reliable (Dapat dipercaya) dan memiliki kemampuan untuk MenTransfer (meneruskan) apa yang dipelajari adalah juga tugas atau ciri dari seorang yang memuridkan atau membina para murid.

 

Translated from https://www.cru.org/us/en/train-and-grow/help-others-grow/discipleship/what-to-look-for-in-a-potential-disciple.html, by Reva)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link