Multiplikasi
Multiplikasi.Com

10 HAL YANG DAPAT ANDA LAKUKAN SAAT MASIH SINGLE

0

10 HAL YANG DAPAT ANDA LAKUKAN SAAT MASIH SINGLE

Kontras dengan apa yang banyak orang pikirkan, masa lajang bukanlah sebuah kutukan.

Masa-masa single – yang mungkin hanya sementara atau dapat saja berlangsung seumur hidup – dapat menjadi sebuah anugerah jika saudara mau menganggapnya demikian. Saat-saat seperti ini merupakan kesempatan untuk melakukan banyak hal, yang bisa saja sulit jika dilakukan setelah menikah, dan dapat dipersiapkan dengan baik ketika anda nanti menikah – jika hal ini merupakan tujuan saudara.

Jadi, bagaimana agar saudara dapat maksimal, saat masih lajang?

  1. Gunakan waktu dengan bijak.

Saudara tidak akan memiliki waktu yang bebas seperti saat ini, saat masih single. Mungkin anda lelah mendengar tentang hal itu terus-menerus dari mereka yang telah menikah, tetapi itu benar. Mereka semua berbicara dari pengalaman. Bagaimana saudara mengisi waktu sekarang ini? (1 Timotius 4:12)

  1. Pergilah ke sebuah tempat yang ‘menantang’.

Saudara bisa saja bepergian, tetapi saudara tidak dapat pergi ke mana saja dengan leluasa. Pernikahan, anak-anak, dan bahkan usia lanjut dapat membuat perjalanan lebih sulit dan kompleks. Tetapi sekarang ini, anda dapat bepergian ke mana pun sesuka anda, apakah melalui darat, laut mau pun udara. Jadi, lihatlah dunia. Pergilah ke tempat-tempat yang membutuhkan Yesus dan sampaikan tentang kasih-Nya di sana. (Roma 10:15)

  1. Bekerjalah untuk belajar, bukan hanya untuk mencari uang.

Memiliki keluarga, rekening-rekening yang harus dibayar tentu membutuhkan uang, membutuhkan pemasukan yang dapat diandalkan sehingga agak membatasi pilihan pekerjaan Anda. Jika Anda lajang dan relatif muda, Anda dapat mempersiapkannya sekarang dengan mempelajari keterampilan yang Anda perlukan untuk mendapatkan pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan. Carilah pekerjaan yang benar-benar akan membayar Anda untuk mempelajari keterampilan itu – mungkin gaji anda tidak banyak, tetapi tidak apa-apa, karena Anda hanya memiliki satu mulut untuk diberi makan. (Amsal 22:29)

  1. Pelajari Firman Tuhan.

Melanjutkan topik ‘belajar’, waktu terbaik untuk mempelajari alkitab adalah sekarang. Sekali lagi, saudara tidak akan memiliki banyak waktu untuk belajar, dan saat ini adalah tahun-tahun di mana saudara mendapatkan keuntungan dari mempelajari dan mempraktekkan Firman Tuhan. Juga “Keterampilan” untuk belajar bagaimana menavigasi dan menggunakan Firman Tuhan. Anda akan belajar siapa Tuhan dan apa yang Dia inginkan, dan dapat memberikan nasihat Ilahi kepada orang lain saat mereka membutuhkan. (2 Timotius 3:16)

  1. Kejarlah kekudusan.

Salah satu karunia terbesar yang dapat Anda berikan pada pasangan masa depan Anda adalah dengan membatasi jumlah bagasi dan kebiasaan buruk yang Anda bawa ke dalam pernikahan. Dan tidak ada waktu yang lebih baik seperti saat saudara single, untuk belajar bagaimana bersikap setia dalam suatu hubungan. Jika Anda membabi buta mengikuti dorongan seksual, Anda akan mengembangkan kebiasaan selalu mengikuti dorongan seksual Anda – bahkan hal itu akan membawa Anda ke luar dari pernikahan masa depan Anda. (1 Korintus 6:18)

  1. Berdoa bagi calon pasangan saudara.

Bagaimana caranya? Saudara dapat mulai mendoakan beberapa hal tentang dia. Berdoa agar ia menggunakan masa lajangnya dengan baik dan mempersiapkan diri untuk sebuah pernikahan. Berdoa agar ia mengenal Tuhan dan berjalan dengan setia bersama-Nya. Berdoa agar kalian berdua terus mempercayai waktu Tuhan dan tidak keluar dari jalur dengan mengambil ‘jalan pintas’. (1 Tesalonika 5:16-18)

  1. Bergabunglah dalam sebuah gereja dan layani Tuhan.

Dalam budaya barat hal ini sepertinya tidak masuk akal, tapi saya harus memasukkannya ke dalam daftar karena sering kali para single tidak mudah bergabung dan terlibat di sebuah gereja. Jika Anda seorang Kristen dan bagian dari tubuh Kristus, Anda tidak dimaksudkan untuk tinggal di luar ‘tubuh’ – seperti pankreas Anda yang mencoba bertahan di luar tubuh Anda sendiri. Tuhan membuat Anda agar dapat hidup bersama gereja-Nya. Jadi carilah gereja yang tidak sempurna yang mengajarkan Firman Tuhan dan bergabunglah di sana. Datanglah di bawah otoritas para penatua. Layani dan berikan diri saudara. Bagikan talenta Anda sehingga Anda dapat mengalami kehidupan seperti yang Tuhan rencanakan bagi anda. (Ibrani 10: 24-25)

  1. Miliki rekan sekamar.

Teman sekamar yang berbeda dengan saudara dalam sifat dan sikap dapat mempersiapkan Anda untuk menikah. Saya serius. Beberapa teman single mengatakan “Saya lebih suka tinggal sendiri.” Yah, Anda nantinya akan ‘membenci pernikahan. Sebaiknya anda sekarang berlatih dengan tinggal bersama teman sekamar. Selesaikan konflik yang ada dengan mereka. Berlatihlah berkomunikasi dengan baik dengan mereka. (Saya tidak berbicara tentang tinggal dengan lawan jenis). (Amsal 27:17)

  1. Bangun kebiasaan yang baik

Semakin bertambah usia, memelihara tubuh dapat menjadi semakin sulit. Ada masa-masa dalam hidup di mana metabolisme tubuh akan menurun, tetapi kebiasaan makan dan kebiasaan berolahraga Anda akan berlanjut seperti sebelumnya. Jadi latihlah kebiasaan makan dan berolahraga dengan baik, sekarang juga. Alkitab mengatakan bahwa tubuh Anda adalah bait suci. Yang anda lihat di cermin tidak harus Bait Allah yang indah dan terpahat dengan baik, tetapi haruslah Bait Allah yang sehat. (1 Korintus 6: 19-20)

  1. Carilah pasangan.

Abaikan ini, jika saudara tidak ingin menikah. Jika saudara masih ingin menikah, saudara perlu tahu bahwa pasangan saudara tidak akan jatuh dari langit ke pangkuan saudara. (Jika mereka hadir dengan cara seperti itu, lihat ke nomor 4). Untuk mendapatkan pasangan, saudara perlu berada di tempat di mana calon pasangan saudara berada – lihat juga no.7. (Amsal 18:22)

Bagaimana cara terbaik untuk menghabiskan waktu single saudara?

Pertimbangkan untuk menginvestasikan waktu saudara selama satu musim atau setahun di ladang misi.

(Translated from https://www.cru.org/us/en/train-and-grow/life-and-relationships/dating.html- by Reva)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link