Multiplikasi
Multiplikasi.Com

BAGAIMANA BERFOKUS PADA TUHAN BUKAN DIRI SENDIRI, SAAT NATAL 

0

BAGAIMANA BERFOKUS PADA TUHAN BUKAN DIRI SENDIRI, SAAT NATAL 

Masa Natal adalah saat yang penting untuk merefleksikan berkat-berkat dan perintah Tuhan.

Alkitab berkata bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah berkat/pemberian Allah untuk dinikmati dan untuk memberkati mereka yang ada di sekitar kita. Kadang kala kita melupakan hal ini. Bukannya menikmati apa yang kita miliki dan menjadi berkat bagi orang lain, kita mengijinkan dunia mengalihkan perhatian kita.

Mudah bagi kita untuk terjebak dengan kebisingan Natal dan kehilangan fokus pada mengapa saudara ada atau tujuan Allah memanggil saudara. Mudah untuk menjadi egois dan terlalu memperhatikan hal-hal yang bersifat materi saat Natal.

Berfokus pada Tuhan

Dalam Injil Matius, Tuhan Yesus memberikan perintah yang jelas – sebuah perintah yang harus kita perhatikan khususnya saat ini.

Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.” (Matius 6: 19-21)

Mengumpulkan harta di bumi terjadi ketika saudara hanya berfokus pada hal-hal yang saudara inginkan: sukses dalam pekerjaan, rumah yang besar atau mobil terbaru.

Mengapa hal ini terlihat sulit saat liburan Natal? 

Saat Natal, mengumpulkan harta di bumi menjadi semakin mudah dilakukan piring-piring penuh dengan makanan dan kantong-kantong hadiah penuh dengan apa yang diinginkan oleh orang-orang yang saudara kasihi dan berharap hal yang sama terjadi kepada saudara. 

Mungkin saudara bukan orang yang suka menerima hadiah, tetapi saudara suka membuat makan malam istimewa yang sempurna atau jepretan foto yang sempurna adalah sesuatu yang saudara inginkan. Atau mungkin prioritas saudara adalah menghindari liburan dan atau saudara ingin sendiri pada saat bersamaan. Jika fokus saudara hanyalah pada hal-hal materi, memiliki liburan yang cocok untuk di posting di Instagram atau kebutuhan saudara terpenuhi, tidak ada tempat yang tersisa bagi yang benar-benar penting. 

Liburan semakin mendekat, penting bagi kita untuk mengetahui apa yang kita lakukan dan mengapa kita memberi; itu karena  karena kasih kita kepada Allah dan ucapan syukur karena kasih-Nya. 

Mengapa Hal ini Penting 

Suatu saat, Allah akan meminta pertanggungjawaban atas pilihan yang telah saudara buat dan bagaimana saudara menghabiskan waktu saudara.

Pastikan bahwa waktu saudara bersama Tuhan dan Firman-Nya tidak berkurang saat saudara mempersiapkan perayaan dan mengecek banyak  hal yang akan saudara kerjakan. 

Bagaimana saudara menjalani kehidupan saat Natal – dan sepanjang tahun- menunjukkan apa yang penting bagi saudara. 

Bagaimana saudara menjalani kehidupan saat liburan mengkomunikasikan siapa saudara. Dalam dunia yang berpusat pada diri sendiri, sangat mudah hidup dengan cara menarik perhatian pada diri sendiri bukan kepada Allah.

Demikian pula dengan Yesus, yang kelahirannya kita rayakan pada masa natal, berkata kepada murid-murid-Nya dan diri kita, sebelum Ia naik ke Sorga,” Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:18-20).

Ketika saudara membagikan kasih Allah kepada dunia melalui kata-kata, tindakan dan bagaimana saudara menghabiskan waktu, uang saudara, saudara sedang menyimpan harta di sorga.

Salah satu cara adalah dengan memberikan sebagian dari uang yang saudara miliki. Masa Natal ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan berkat Allah dalam hidup saudara. Ketika saudara membagikan berkat tersebut, saudara sedang melakukan perintah Allah.

Alih-alih terhanyut dalam tekanan perfeksionisme dan materialisme karena perayaan natal, apa yang dapat mengalihkan fokus saudara kembali kepada Tuhan? Mengasihi orang lain seperti saudara mengasihi  dan merawat diri sendiri dan menjalani kehidupan dengan menyimpan harta di sorga.

Langkah selanjutnya 

  • Jangan berfokus pada keinginan saudara pada Natal tahun ini, sebaliknya pikirkan cara-cara nyata untuk membagikan kasih Kristus kepada orang lain: berikan hadiah, bayarkan tagihan; undang makan malam, dsb.
  • Dukunglah dengan dana seorang misionari dari gereja saudara atau organisasi lokal yang melayani Tuhan.
  • Jadikan waktu dengan Tuhan prioritas harian saudara.

By. Hope Griffin

https://www.cru.org/us/en/train-and-grow/life-and-relationships/holidays/christmas/how-to-focus-on-heaven-not-self-this-holiday-season.html    (Translated by RS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link