Multiplikasi
Multiplikasi.Com

BAGAIMANA AGAR TIDAK KEHABISAN UANG SAAT LIBURAN

0

BAGAIMANA AGAR TIDAK KEHABISAN UANG SAAT LIBURAN

Saya duduk di ruang tamu orang tua saya dengan dikelilingi oleh anak-anak yang tenggelam dalam mainan dan bungkus kertas kado yang sudah robek. Beberapa anak berusaha terus mencari, berharap menemukan lebih banyak mainan. Yang lain menangis karena kelelahan. Orang-orang dewasa mungkin bertanya-tanya bagaimana sampai Natal bisa menjadi seperti ini.

Memberi  hadiah bukanlah cara yang buruk untuk merayakan Natal. Sayangnya, banyak dari kita bertindak terlalu jauh dan akhirnya menghabiskan lebih banyak daripada yang kita mampu.

Berikut ini adalah empat cara untuk menjaga pengeluaran saudara pada tingkat yang wajar dan menolong saudara berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

  1. Ingatlah Arti Natal Sebenarnya

Natal seharusnya adalah tentang pemberian Allah akan Anak-Nya, Yesus. Jika berubah menjadi pengeluaran atau persaingan, sangat mudah untuk kehilangan fokus pada Yesus. Jika hal ini terjadi, cobalah mundur selangkah.

  1. Menghabiskan Waktu dengan Orang lain Lebih Penting daripada Memberi Mereka sesuatu

Orang tua saya sudah tua. Mereka tidak menginginkan sesuatu, tetapi mereka menginginkan waktu saya sebagai hadiah. Menghabiskan waktu dengan mereka, melakukan hal-hal yang mereka sukai atau butuhkan lebih berarti dari semua yang dapat saya beli.

Waktu yang berkualitas adalah hadiah yang penting bagi banyak orang yang kita kasihi, terutama anak-anak, yang membutuhkan waktu berkualitas bersama orang tua mereka. Anak-anak perlu tahu bahwa mereka dikasihi apapun keadaan mereka. Ini bukan sekedar tentang apa yang saudara lakukan bersama; ini tentang saling memperhatikan satu sama lain dalam dunia kita yang sangat sibuk.

Pengalaman dapat menjadi hadiah yang luar biasa, yang juga dapat memberi saudara kesempatan memiliki waktu yang berkualitas. Kegiatan apa yang dapat saudara rencanakan dan disukai mereka? Bisa kegiatan apa saja, berkemah atau mengikuti kursus seni. Membuatkan mereka kartu anggota museum atau kebun binatang adalah cara yang baik untuk menghabiskan waktu bersama sepanjang tahun.

          3. Sesuaikan dengan Keadaan Keuangan

Kunci agar liburan saudara selaras dengan anggaran saudara adalah perencanaan yang matang.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat catatan pemasukan-pengeluaran sederhana. Pertama, tentukan total anggaran saudara. Kemudian, daftarkan orang-orang yang saudara rencanakan akan diberi hadiah dan berapa banyak alokasi dana bagi  masing-masing. Pastikan bahwa jumlah anggaran individu tidak lebih dari total anggaran Anda. Baik juga untuk menyisihkan sedikit uang untuk berjaga-jaga jika saudara kelupaan seseorang, atau saudara ingin seseorang mendapatkan hadiah dengan alokasi lebih banyak daripada yang lain.

Untuk membantu saudara tetap sesuai dengan anggaran yang ditetapkan, gunakan uang tunai, bukan kartu kredit. Menggunakan uang tunai membuat saudara tetap tahu apa yang telah dibelanjakan dan berapa yang tersisa. Dan itu juga mencegah pengeluaran yang berlebihan.

Saudara juga dapat melonggarkan anggaran dengan belanja barang-barang dengan harga diskon sepanjang tahun. Ini memungkinkan saudara untuk mendapatkan barang-barang bagus dengan uang lebih sedikit.

Pastikan untuk mengecek pengeluaran saudara saat berbelanja hari itu atau saat berbelanja sepanjang tahun.

            4. Terhubung dengan Orang lain Lebih Penting daripada Uang.

Seorang teman yang bijak pernah mengatakan kepada saya, “Karena kami mengasihi anak-anak kami sama rata, kami memperlakukan setiap anak secara unik.” Berjalanlah dalam kebebasan dengan menunjukkan bahwa kepedulian tidak diukur dengan uang.

Jangan merusak keuangan saudara hanya untuk membuat sebuah hari yang tak terlupakan. Lebih baik memberikan hadiah yang lebih sedikit dan lebih murah daripada saudara stres dan marah setelah Natal karena berhutang.

By. Mark Grissom with Faith Eng

https://www.cru.org/us/en/train-and-grow/life-and-relationships/holidays/christmas/4-things-that-will-stop-you-from-going-broke-over-the-holidays.html

(Translated by RS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link