Multiplikasi
Multiplikasi.Com

TEMPAT UNTUK MENJADI ANGGOTA

0

Saudara bukan lagi orang asing…, melainkan anggota keluarga Allah serta warga kerajaan Allah bersama-sama dengan orang Kristen yang lain
Efesus 2:19b

Keluarga Allah adalah jemaat Allah yang hidup, Penopang dan dasar kebenaran  1 Timotius 3:15b

Anda dipanggil untuk menjadi anggota keluarga Allah, bukan hanya percaya. bahkan di dalam lingkungan yang sempurna dan tanpa dosa di Eden, Allah berkata, “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja.” Kita diciptakan untuk bermasyarakat, dibuat untuk bersekutu, dan dibentuk untuk berkeluarga, dan tidak seorangpun yang bisa memenuhi tujuan-tujuan Allah secara sendirian. Alkitab tidak mengenal adanya orang-orang kudus atau pertapa rohani yang hidup terpisah dari orang-orang percaya lainnya dan mengilang dari persekutuan. Alkitab mengatakan kita merupakan satu tubuh, rapih tersusun, turut dibangunkan, turut menjadi anggota-anggota tubuh, ahli-ahli waris, diikat menjadi satu, ditunjang menjadi satu, dan diangkat bersama-sama. Anda tidak lagi berdiri sendiri.

Meskipun hubungan Anda dengan Kristus bersifat pribadi, Allah tidak pernah bermaksud menjadikan terpisah. Dalam keluarga Allah, Anda dihubungkan dengan semua orang percaya lainnya, dan kita akan saling memiliki untuk selamanya. Alkitab berkata, “Demikian juga kita, walaupun banyak adalah satu tubuh di dalam Kristus, tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Mengikut Kristus berarti menjadi anggota, bukan sekedar percaya. kita adalah anggota-anggota Tubuh-Nya, yaitu Gereja C. S. Lewis menyebutkan bahwa kata keanggotaan berasal dari Gereja, tetapi dunia telah menghilangkan makna asalnya. Took-toko menawarkan potongan harga kepada “para anggota” dan iklan-iklan menggunakan nama-nama anggota untuk membuat daftar surat-menyurat. Di dalam Gereja, keanggotaan seringkali dikurangi maknanya menjadi sekedar menambahkan nama Anda pada suatu daftar, tanpa persyaratan atau harapan-harapan.

Bagi Paulus menjadi “anggota” gereja berarti menjadi organ penting dari suatu tubuh yang hidup, suatu bagian yang sangat diperlukan dan saling terkait dari Tubuh Kristus. Kita perlu menemukan kembali dan menerapkan arti keanggotan menurut Alkitab. Gereja adalah suatu tubuh, bukan bangunan, suatu organisme, bukan organisasi

Agar organ-organ Anda memenuhi tujuannya, organ-organ tersebut harus dihubungkan dengan tubuh Anda. Hal yang sama berlaku bagi Anda sebagai bagian dari Tubuh Kristus. Anda diciptakan untuk suatu peran khusus, tetapi Anda akan kehilangan tujuan kedua dari hidup Anda ini jika Anda tidak melekat pada sebuah gereja local. Anda akan menemukan peran Anda di dalam kehidupan melalui hubungan-hubungan Anda denga orang lain. Alkitab berkata, “Setiap bagian mendapatkan maknanya dari tubuh secara keseluruhan, bukan sebaliknya. Tubuh yang sedang kita bicarakan adalah tubuh Kristus yang terdiri dari umat pilihan. Masing-masing kita menemukan makna dan kegunaan kita sebagai jari tangan atau jari kaki yang terpotong, kita tidak akan bisa berbuat banyak, bukan?”

Jika sebuah organ dipisahkan dari tubuhnya, organ tersebut akan melemah dan mati. Organ tersebut tidak bisa hidup dari dirinya sendiri, demikian juga dengan Anda. Terpisah dan terpotong dari sumber hidup berupa gereja local, kehidupan rohani Anda akan melemah dan akhirnya mati. Karena itu, gereja pertama dari kemunduran rohani biasanya adalah tidak teratur menghadiri kebaktian ibadah dan pertemuan umat percaya lainnya. Bilamana Anda meremehkan persekutuan, segala sesuatu lainnya menjadi mundur.

Keanggotaan di dalam keluarga Allah itu penting dan bukan sesuatu yang kadang-kadang bisa diabaikan. Gereja merupakan rencana Allah bagi dunia. Yesus berkata, “Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” Gereja tidak dapat dihancurkan dan akan terus ada selamanya. Gereja akan terus ada di alam semesta, begitu juga peranan Anda di dalamnya. Orang yang berkata, “Saya tidak membutuhkan gereja,” adalah orang yang sombong dan bodoh.. gereja begitu penting sehingga Yesus mati dikayu salib baginya. “Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

Alkitab menyebut gereja “Pengantin Kristus” dan “Tubuh Kristus.” Saya tidak bisa membayangkan suatu perkataan kepada Yesus, “Aku mengasihi-Mu, tetapi aku tidak menyukai mempelai-Mu.” Atau, “Aku menerima-Mu tetapi aku menolak tubuh-Mu.” Tetapi hal ini kita lakukan ketika kita menolak atau merendahkan atau mengeluh tentang Gereja. Sebaliknya Allah memerintahkan kita untuk mengasihi Gereja seperti Yesus mengasihinya. Alkitab mengatakan, “Kasihilah saudara-saudaramu sesama Kristen.” Sayangnya, banyak orang Kristen memanfaatkan Gereja tetapi tidak mengasihinya.

Persekutuan Lokal Anda

Kecuali untuk beberapa contoh penting yang mengacu pada seluruh orang percaya di sepanjang sejarah, hamper setiap kali kata gereja digunakan di dalam Alkitab, kata tersebut menunjukkan pada sebuah jemaat local tertentu. Perjanjian Baru mengungkapkan keanggotaan di dalam sebuah jemaat local. Orang-orang Kristen yang bukan anggota persekutuan local hanyalah orang-orang yang terkena disiplin gereja, yakni orang-orang yang dikeluarkan dari persekutuan karena dosa besar yang diketahui umum.

Alkitab mengatakan bahwa seorang Kristen tanpa sebuah gereja adalah seperti suatu organ tanpa tubuh, seekor domba tanpa kawanan, atau seorang anak tanpa keluarga. Hal tersebut merupakan keadaan yang tidak wajar. Alkitab berkata, “Sekarang saudara… anggota keluarga Allah… bersama-sama dengan orang Kristen yang lain.”

Budaya individualism yang bebas pada zaman ini telah menghasilkan banyak yatim piatu rohani, “orang-orang percaya kelinci” yang melompat-lompat dari satu gereja ke gereja lainnya tanpa identitas, tanggung jawab, atau komitmen. Banyak orang yakin bahwa seseorang bisa menjadi seorang “Kristen yang baik” tanpa bergabung (atau bahkan menghadiri) sebuah gereja local, tetapi Allah akan sangat menolak hal itu. Alkitab memberikan banyak alas an yang kuat agar orang mengikatkan diri dan aktif di dalam sebuah persekutuan local.

Mengapa Anda Membutuhkan Sebuah Keluarga Gereja

Sebuah keluarga gereja menunjukkan bahwa Anda adalah sungguh-sungguh orang percaya. saya tidak bisa menyatakan diri sebagai pengikut Kristus jika saya tidak terikat pada satu kelompok pemuridan tertentu. Yesus berfirman, “Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

Bila kita bersatu di dalam kasih sebagai sebuah keluarga gereja dari latar belakang, ras, dan status social yang berbeda, hal tersebut merupakan kesaksian yang sangat kuat bagi dunia. Anda bukanlah tubuh Kristus yang dapat berdiri sendiri. Anda membutuhkan orang lain untuk mewujudkannya. Bersama-sama, bukan terpisah, kita merupakan Tubuh-Nya.

Sebuah keluarga gereja membebaskan Anda dari keterasingan karena mementingkan diri sendiri. Gereja local merupakan ruang kelas untuk belajar bagaimana bergaul dengan baik di dalam keluarga Allah. Gereja merupakan laboratorium untuk menerapkan kasih yang penuh perhatian dan tidak mementingkan diri sendiri. Sebagai anggota yang aktif Anda belajar untuk memperhatikan orang lain dan ikut merasakan pengalaman orang lain. “Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.” Hanya di dalam hubungan yang terus menerus dengan orang-orang percaya yang biasa dan yang tidak sempurna, kita bisa mengenal persekutuan yang sesungguhnya dan mengalami kebenaran Perjanjian Baru tentang saling berhubungan dan saling bergantung.

Persekutuan yang Alkitabiah berarti terikat satu dengan yang lain seperti kita terikat dengan Yesus Kristus. Allah mengharapkan agar kita memberikan hidup kita satu kepada yang lain. Banyak orang Kristen yang mengetahui Yohanes 3:16 tidak menyadari akan 1 Yohanes 3:16 : “Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita, jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.” Inilah jenis kasih yang berkorban yang Allah ingin Anda tunjukkan kepada orang-orang percaya lainnya, yaitu suatu kesediaan untuk mengasihi mereka dengan cara yang sama seperti Yesus mengasihi Anda.

Sebuah keluarga gereja membantu Anda mengembangkan otot-otot rohani. Anda tidak akan pernah bertumbuh menuju kedewasaan hanya dengan menghadiri ibadah dan menjadi jemaat yang pasif. Hanya keikutsertaan dalam kehidupan penuh dari gereja lokallah yang akan membangun otot-otot rohani. Alkitab berkata, “Ketika masing-masing bagian melakukan pekerjaan khususnya, ia akan menolong bagian lainnya untuk bertumbuh, sehingga seluruh tubuh sehat dan bertumbuh dan penuh.”

Lebih dari lima puluh kali didalam Perjanjian Baru frase “saling” atau “seorang akan yang lain” digunakan. Kita diperintahkan untuk mengasihi seorang akan yang lain, saling mendoakan, saling menguatkan, saling menasehati, memberi salam seorang kepada yang lain, layanilah seorang akan yang lain, mengajar seorang akan yang lain, dan banyak tugas bersama lainnya. Inilah keanggotaan menurut Alkitab! Inilah “tanggung jawab keluarga” Anda yang Allah harapkan agar Anda penuhi melalui persekutuan local. Bersama siapa Anda melakukan hal-hal ini? Mungkin terasa lebih mudah untuk menjadi suci ketika tidak ada orang lain di keliling yang akan mengganggu Kesenangan-kesenangan Anda, tetapi itu adalah kesucian yang palsu dan tidak teruji. Keterasingan menghasilkan kebohongan, mudah untuk membodohi diri kita sendiri dengan mengira bahwa kita menjadi dewasa jika tidak ada seorang pun yang menantang kita. Kedewasaan yang sejati muncul dalam menjalin hubungan. Kita tidak hanya membutuhkan Alkitab untuk bertumbuh, kita memerlukan orang-orang percaya lainnya. Kita bertumbuh lebih cepat dan kuat dengan saling belajar dan saling bertanggung jawab. Ketika orang lain membagikan apa yang Allah ajarkan pada mereka, saya juga belajar dan bertumbuh.

Tubuh Kristus membutuhkan Anda. Allah memberikan peran yang unik untuk Anda mainkan di dalam keluarga-Nya. Inilah yang disebut “pelayanan”, dan Allah telah memberi Anda karunia-karunia untuk tugas ini: “Karunia rohani diberikan kepada setiap kita sebagai alat untuk menolong seluruh gereja.” Persekutuan local Anda adalah tempat yang Allah rancang bagi Anda untuk menemukan, mengembangkan dan memakai karunia-karunia Anda. Anda juga mungkin memiliki pelayanan yang lebih luas, tetapi hal tersebut merupakan tambahan untuk pelayanan Anda dalam tubuh local. Yesus tidak pernah berjanji untuk membangun pelayanan Anda, Dia berjanji untuk membangun gereja-Nya.

Anda menjadi bagian dalam misi Yesus di dunia. Pada saat Yesus hidup di bumi, Allah bekerja melalui tubuh jasmani Kristus, sekarang Dia menggunakan tubuh rohani-Nya. Gereja adalah alat Allah di bumi. Kita bukan hanya harus meneladani kasih Allah dengan saling mengasihi, kita harus membawa kasih Allah bersama-sama kepada seluruh dunia ini. Ini merupakan hak istimewa yang luar biasa yang telah diberikan kepada kita semua. Sebagai anggota Tubuh Kristus, kita merupakan tangan-Nya, kaki-Nya, mata-Nya, dan hati-Nya. Dia bekerja melalui kita di dunia. Kita masing-masing memiliki peran untuk dilakukan. Paulus memberi tahu kita, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang di persiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Sebuah keluarga gereja akan membantu menjaga Anda dari kemunduran. Tidak seorang pun dari kita terhadap pencobaan. Dalam situasi yang tepat, saya dan Anda bisa berbuat dosa apa saja. Allah mengetahui hal ini, sehingga Dia memberi kita sebagai individu tanggung jawab untuk saling menjaga agar tetap berada di jalur. Alkitab berkata, “Tetapi nasehatilah seorang akan yang lain setiap hari… supaya jangan ada diantara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.” “Uruslah urusanmu sendiri”, bukanlah kata-kata Kristiani. Kita dipanggil dan diperintahkan untuk terlibat dalam kehidupan orang pecaya lainnya. Jika Anda mengetahui seseorang sedang menyimpang secara rohani sekarang, menjadi tanggung jawab Anda untuk pergi kepada mereka dan membawa kembali ke dalam persekutuan. Yakobus memberitahu kita, “Jika kamu mengetahui orang-orang yang telah menyimpang dari kebenaran Allah, janganlah menolak mereka. Pergilah kepada mereka. Bawalah mereka kembali.”

Manfaat lain dari gereja local adalah bahwa gereja local tersebut juga menyediakan perlindungan rohani dan pemimpin-pemimpin yang saleh. Allah memberi para gembala tanggung jawab untuk menjaga, melindungi, mempertahankan, dan memperhatikan kesejahteraan rohani dari kawanan domba-Nya. Kita diberi tahu, “Sebab mereka selalu memperhatikan jiwamu, dan mereka harus bertanggung jawab kepada Allah.”

Iblis menyukai orang-orang percaya yang mundur, yang memisahkan diri dari Tubuh, terpisah dari keluarga Allah, dan tidak lagi menjadi tanggung jawab pemimpin-pemimpin rohani, karena iblis tahu mereka tidak memiliki pertahanan dan tidak berdaya melawan taktiknya.

Semuanya Ada di Dalam Gereja

Dalam buku saya Pertumbuhan Gereja Masa Kini, saya menjelaskan bagaimana menjadi bagian dari sebuah Gereja yang sehat itu penting, untuk menjalani kehidupan yang sehat. Saya harap Anda membaca buku tersebut juga, karena buku tersebut akan membantu Anda memahami bagaimana Allah merancang Gereja-Nya secara khusus untuk membantu Anda memenuhi kelima tujuan yang Dia miliku bagi kehidupan Anda. Allah membuat Gereja untuk memenuhi kelima kebutuhan terdalam Anda; yakni suatu tujuan untuk hidup, orang-orang untuk hidu bersama, prinsip-prinsip untuk dijalani, profesi untuk dikerjakan, dan kuasa untuk bertahan hidup. Tidak ada tempat lain didunia ini dimana Anda bisa menemukan kelima hal ini dalam satu tempat.

Tujuan-tujuan Allah bagi Gerejanya identic dengan kelima tujuan-Nya bagi Anda. Penyembahan membantu Anda memusatkan perhatian kepada Allah; persekutuan membantu Anda menghadapi masalah-masalah kehidupan; pemuridan membantu menguatkan iman Anda; pelayanan membantu menemukan talenta-talenta Anda; penginjilan membantu memenuhi misi Anda. Tidak ada apapun di bumi yang seperti di Gereja.

Pilihan Anda

Ketika seorang anak dilahirkan, dia secara otomatis menjadi bagian dari keluarga umat manusia universal. Tetapi anak tersebut juga perlu menjadi anggota dari sebuah keluarga tertentu untuk menerima perawatan dan perhatian serta bertumbuh sehat dan kuat. Hal yang sama berlaku secara rohani. Pada saat Anda dilahirkan kembali, secara otomatis Anda menjadi bagian dari keluarga Allah universal, tetapi Anda perlu juga menjadi anggota dari perwujudan keluarga Allah secara local.

Perbedaan antara menjadi seorang yang menghadiri sebuah gereja dan seorang anggota gereja ialah komitmen. Orang-orang yang hadir adalah penonton-penonton dari garis pembatas, anggota-anggota yang terlibat pelayanan. Orang-orang yang hadir adalah konsumen, anggota adalah contributor. Orang-orang yang hadir menginginkan manfaat-manfaat dari sebuah gereja tanpa berbagi tanggung jawab. Mereka seperti pasangan yang ingin hidup bersama tanpa terikat dalam suatu pernikahan. Mengapa bergabung dalam sebuah keluarga gereja local itu penting? Karena hal tersebut membuktikan bahwa Anda terikat dengan saudara-saudara rohani Anda secara nyata, bukan hanya dalam teori. Allah ingin agar Anda mengasihi orang-orang yang sesungguhnya, bukan orang-orang yang ideal. Anda bisa menghabiskan seumur hidup mencari gereja yang sempurna, tetapi Anda tidak akan pernah menemukannya. Anda dipanggil untuk mengasihi orang-orang berdosa yang tidak sempurna, sama seperti Allah mengasihi mereka.

Dalam Kisah Para Rasul, orang-orang Kristen di Yerusalem sangat spesifik dalam komitmen mereka satu sama lain. Mereka setia pada persekutuan. Alkitab berkata, “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Allah mengharapkan agar Anda melakukan hal-hal yang sama sekarang. Kehidupan Kristen bukan sekedar komitmen kepada Kristus saja, kehidupan Kristen juga meliputi komitmen kepada orang-orang Kristen lainnya. Orang-orang Kristen di Makedonia memahami hal ini. Paulus berkata, “Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian karena kehendak Allah juga kepada kami.” Menjadi sebuah anggota gereja local merupakan langkah wajar berikutnya, begitu Anda menjadi anak Allah. Anda menjadi seorang Kristen dengan menyerahkan diri Anda kepada Kristus, tetapi Anda menjadi anggota gereja dengan menyerahkan diri Anda kepada sebuah kelompok orang percaya tertentu. Keputusan pertama membawa keselamatan, keputusan kedua membawa ke persekutuan.

Pokok untuk Direnungkan : Saya di panggil untuk menjadi anggota gereja bukan hanya menjadi orang percaya.

Ayat untuk Dihafal : “Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus, tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.’ Roma 12:5

Pertanyaan untuk Dipikirkan : Apakah tingkat keterlibatan saya dalam gereja lokal menunjukkan bahwa saya mengasihi dan terikat pada keluarga Allah?

Di tulis kembali dari buku Purpose Driven Life hari ke 17 – Rick Warren.

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link