Berita

MISSION TRIP DI KENDAL DAN BATANG

372views

MISSION TRIP

Mission Trip dilaksanakan di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang yang tersebar di 6 titik lokasi, yaitu di Sekecer (Kec. Pageruyung, Kab. Kendal), Sokokarang (Kec. Pageruyung, Kab. Kendal), Desa Sono/Tejorejo (Kec. Ringin arum, Kab. Kendal), Weleri (Kec. Weleri, Kab. Kendal), dan Seklayu (Kec. Gringsing, Kab.Batang). Mission Trip ini diikuti oleh 32 orang, terdiri dari staf, volunteer dan mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan selama Mission Trip antara lain: Visitasi, Latihan PI Kontekstual, Seminar Pasutri, Rumah Cerdas, Penyuluhan Bahaya Narkoba, Character Building, Pembuatan Pakan Ternak, Budidaya Ikan, Seminar Managemant Pariwisata, dll. Secara umum semua kegiatan ini mendapat respon/sambutan yang baik dan antusias dari gereja dan masyarakat.

RUMAH CERDAS

Untuk membantu mencerdaskan masyarakat khususnya anak-anak baik secara intelektual, emosional maupun spiritual, salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Mission Trip di Kabupaten Kendal adalah Rumah Cerdas di Dukuh Sono Desa Tejorejo Kecamatan Ringginarum Kabupaten Kendal.

Di hari pertama anak-anak yang ikut dalam Rumah Cerdas berjumlah 30 orang anak, tapi di hari yang ke dua dan seterusnya mencapai 40 orang anak bahkan lebih. Selain jumlah anak yang mengalami peningkatan, anak-anak memiliki semangat dan antusias untuk belajar dan bermain.

Adapun dampak dari Rumah Cerdas yang sangat kelihatan yaitu, adanya perubahan sikap dan tingkah laku anak-anak menjadi lebih baik. Karena di dalam Rumah Cerdas tidak hanya belajar tentang Mata Pelajaran sekolah saja tetapi anak-anak juga diajarkan tentang budi pekerti (karakter). Dan yang tak kalah penting dari semuanya itu bagaimana anak-anak mulai mengenal Tuhan dan memiliki karakter Kristus dalam hidupnya. Kegiatan Rumah Cerdas juga dilaksanakan di GIA Weleri dan di Desa Sekecer.

CHARACTER BUILDING

Character Building adalah sebuah kegiatan untuk membangun karakter yang dikemas melalui permainan yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak muda dan melaluinya mereka dapat belajar karakter-karakter yang baik yang bisa diterapkan untuk membangun diri maupun tim. Acara ini dilayani oleh para mahasiswa peserta Mission Trip yang berasal dari kampus UNDIP, UNIKA, POLTEKA, UDINUS, dan USM Semarang.

Peserta yang hadir sekitar 35 orang, dan acara ini juga dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Rukun Guyub Agawe Sentoso Weleri serta beberapa tokoh masyarakat. Setelah permainan selesai, peserta memberikan respon tentang hal-hal apa yang mereka pelajari melalui permainan dan apa yang bisa diterapkan dalam tim mereka ke depan. Respon mereka sangat baik, antusias dan berharap agar ilmu yang didapat berguna dikemudian hari.

LEADER FORUM

Dalam rangkaian acara Mission Trip, pada tanggal 3 Agustus diadakan acara Leader Forum di RM. Nyoto Roso di Kendal yang dihadiri oleh 21 profesional dari Kendal dan Weleri. Tujuan acara Leader Forum ini adalah supaya para profesional yang ada di Kendal dan Weleri dapat memberdayakan LIFE-nya (Leadership, Influence, Finance dan Expertise) di lingkup pengaruh mereka sehingga kehadiran para profesional tersebut dapat menjadi berkat dalam keluarga, gereja maupun di tempat kerja.

Presentasi tentang Visi Misi Leader Impact yang disampaikan Prayitno Dwi Nugroho (Koord. Leader Impact Semarang) memberikan arah bagaimana para profesional dapat memberdayakan LIFE-nya sehingga para profesional dapat memberi dampak/impact.

Ada diskusi yang menarik dari para peserta tentang sejauh mana para profesional memberi dampak di mana mereka berada. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, maka dibentuk satu kelompok City Team. Pertemuan ini akan dilanjutkan lagi, untuk merencanakan kegiatan City Team ke depan. (By Daniel)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response