Komunitas

APAKAH ADVEN ITU ?

164views

APAKAH ADVEN ITU?

Minggu Adven adalah masa yang dimulai 4 minggu sebelum hari yang disebut orang Kristen sebagai Natal.   Bagi kita pengikut Kristus, minggu Adven bukan sekedar mempersiapkan Natal dengan menghias rumah, membuat kue-kue dan mempersiapkan ‘kejutan-kejutan’ atau hal-hal lain, tetapi mempersiapkan hati kita untuk merayakan kelahiran Kristus.

Sejak abad pertengahan, tradisi Adven mendorong kita untuk ‘mengurangi laju kesibukan kita, merefleksikan  kedatangan Yesus sebagai manusia dan menantikan-Nya kembali pada kedatanganNya yang kedua seperti yang Ia janjikan.

Di tengah kesibukan kita mempersiapkan Natal, mari berhenti sejenak, berharap dan menanti.

Melihat ke depan, tetapi juga melihat ke belakang dan melihat ke dalam.

Melihat ke Belakang

Adven berarti kedatangan seorang atau kejadian yang penting. Lebih dari 2,000 tahun yang lalu di Bethehem, Allah hadir menjadi manusia yang lemah – sebagai seorang bayi.  Itu adalah peristiwa yang sangat penting sehingga dunia masih menggunakannya untuk menandai waktu. Ribuan tahun sebelum kelahiran ini terjadi, Allah berjanji bahwa melalui keturunan Abraham, semua orang di bumi mendapat berkat (Kejadian 12: 3)

Melihat ke Depan

Tidak ada seorang tahu dengan pasti kapan, tetapi alkitab dengan jelas berkata bahwa Tuhan Yesus akan datang kembali  ke dunia. Ini adalah adven yang kedua. Yesus akan menghakimi dunia, dan Ia akan memerintah atas ciptaan-Nya dengan kasih dan keadilan yang sempurna. Bagi anak-anak Tuhan, janji ini memberikan pengharapan di dalam Tuhan, tetapi juga mendorong kita untuk bekerja melayani Dia dengan sungguh-sungguh.

Melihat ke Dalam

Bagi gereja mula-mula, masa Adven adalah  masa untuk berpuasa, berbalik dari dosa dan waktu untuk berdoa. Banyak orang tidak lagi berpuasa pada masa ini, tetapi masa sebelum Natal adalah waktu untuk menenangkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah. Sungguh menyegarkan ketika kita menyampaikan isi hati dan pikiran kita kepada sang Imanuel, Allah yang beserta dengan kita.”

Oleh: Lisa Haynes (Diterjemahkan dan disesuaikan oleh RS), dari: https://www.cru.org/us/en/train-and-grow/life-and-relationships/holidays/advent/what-you-always-wanted-to-know-about-advent.html

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response