Komunitas

INI YANG KITA NANTIKAN SAAT ADVEN

116views

INI YANG KITA NANTIKAN SAAT ADVEN

Pada masa Adven penting bagi kita untuk mempersiapkan hati untuk menyambut Natal. Setiap tahun, masa ini mengingatkan kita akan berkat-berkat yang dapat kita temukan saat ‘menanti’.

Dalam kitab Lukas, kita belajar dari seorang yang bernama Simeon, yang menanti lebih dari 4 minggu untuk merayakan kedatangan Yesus!

Kita tidak tahu banyak tentang dirinya, tetapi Simeon berada di Bait Allah ketika Maria dan Yusuf membawa Yesus ke Yerusalem untuk “menyerahkan-Nya kepada Tuhan” (Lukas 2:22).

Simeon adalah seorang yang “….  benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya, dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan. (Lukas 2:25-26).

“Penghiburan bagi Israel” – itu adalah sebutan Simeon bagi Yesus. Penghiburan berarti penawar/kesegaran yang diterima setelah suatu kekecewaan atau kehilangan. Pada 400 tahun di antara akhir periode Perjanjian lama dan awal Perjanjian Baru, Israel mengalami masa ‘kekosongan/kehilangan’. Karena ketidaktaatan mereka, Allah berhenti mengirimkan nabi-nabi untuk berbicara kepada mereka. Ada kesunyian. Tetapi hal itu merupakan bagian dari rencana -Nya yang kekal.

Allah tidak melupakan umatNya. Ia terus bekerja selama tahun-tahun yang lalu,  bersiap berbicara dengan cara yang baru. Cara yang lama diganti dengan cara yang baru yang jauh lebih besar – melalui suara Anak-Nya.

Pada saat yang tepat, Mesias yang dijanjikan muncul. Sang Penghibur. Sang Penyelamat.

Walaupun Simeon hidup pada masa tersebut, ia adalah pribadi yang masih ‘mendengar’ suara Tuhan karena pilihannya sendiri untuk tetap setia kepada-Nya. Simeon rindu agar Mesias yang dijanjikan menyelamatkan bangsanya Israel dan mematahkan kesunyian.

Ketika Maria dan Yusuf memasuki Bait Allah dengan bayi Yesus, Simeon ada di sana:

“… ia menyambut Anak itu dan menatang-Nya sambil memuji Allah, katanya:

 “Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu,

 sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu,

yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa,

yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel.” (Lukas 2:28-32)

Dalam minggu-minggu ke depan menjelang Natal, masa Adven memberikan kesempatan kepada kita untuk berpaling kepada Allah, seperti yang dilakukan Simeon. Kita juga menanti untuk merayakan janji-janji-Nya yang luar biasa.

Oleh. Lisa Haynes, diterjemahkan oleh RS, dari: https://www.cru.org/us/en/train-and-grow/life-and-relationships/holidays/advent/its-advent-and-this-is-what-were-waiting-for.html

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response